1.000 Pohon Ditanam oleh KNPI Kota Kediri di Kawasan Sumber Tretes

by

Memokediri

1.000 Pohon Ditanam oleh KNPI Kota Kediri di Kawasan Sumber Tretes. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri, Jawa Timur, menanam 1.000 bibit pohon di kawasan Sumber Tretes, wilayah Lebak Tumpang, Kelurahan Pojok, Kota Kediri, guna menjaga sumber mata air.

Ketua KNPI Kota Kediri Reza Darmawan di Kediri, Minggu, mengemukakan kegiatan penanaman pohon ini dilakukan dengan melibatkan para pemuda, termasuk pelajar di Kota Kediri.

“Kami tanam beragam varian pohon di Sumber Tretes. Kegiatan ini sekaligus menjadi edukasi terhadap teman-teman pemuda,” katanya.

Reza juga menambahkan penanaman ini dilakukan salah satunya sebagai upaya melestarikan sumber mata air. Di sumber ini juga merupakan salah satu yang menjadi sumber dari PDAM Kota Kediri, sehingga benar-benar dijaga.

Dalam kegiatan konservasi alam ini, ada sekitar 1.000 bibit pohon yang ditanam dengan jenis beragam, di antaranya trembesi, mangga, nangka, hingga bambu.

Pohon-pohon ini dipilih, kata dia, karena mempunyai kemampuan menyerap air yang bagus dan mempunyai nilai ekonomis tinggi. Misalnya pohon nangka dan mangga, yang buahnya bisa untuk dinikmati, termasuk primata yang tinggal di sekitar sumber air ini.

Reza juga menambahkan, dalam kegiatan ini sengaja melibatkan berbagai macam organisasi serta pelajar. Dengan itu, sekaligus sebagai upaya edukasi kepada mereka untuk mencintai alam serta melestarikannya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri Anang Kurniawan mengatakan kegiatan konservasi alam ini tentunya turut membantu merawat sumber air, terutama Sumber Tretes.

Pihaknya mendukung langkah KNPI Kota Kediri yang turut serta menjaga lingkungan dengan konservasi alam. Hal ini sebagai wujud nyata pemuda untuk peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar dengan menanam pohon di area sumber air ini.

See also  Gubernur Khofifah resmikan pengoperasian RS Yasyfin Darussalam Ponorogo

“Penanaman pohon ini tentunya merupakan aksi nyata untuk pelestarian lingkungan, terutama di sumber ini. Kami tentunya mendukung kegiatan ini,” kata dia.

Anang juga optimistis, upaya yang diinisiasi KNPI Kota Kediri ini mampu menjadi sarana edukasi masyarakat untuk menjaga dan memanfaatkan alam dengan sebaik-baiknya. Sumber Tretes ini masih dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari yang dikelola oleh PDAM Kota Kediri.

Hadir pula dalam kegiatan itu, selain dari Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri, juga dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Kediri, dan elemen pemuda lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.