9 Kecamatan di Kabupaten Langganan Kekeringan – Berita Koran Memo Kediri

oleh
9 Kecamatan di Kabupaten Langganan Kekeringan – Berita Koran Memo Kediri

Sembilan kecamatan di Kabupaten Kediri, selalu langganan mengalami kekeringan ketika musim kemarau tiba. Yaitu 5 kecamatan dibarat sungai terdiri: Mojo, Semen, Grogol, Banyakan dan Tarokan. Sedangkan untuk wilayah timur sungai adalah Ngancar, Puncu, Kepung dan Kandangan.

Pada saat musim kemarau warga di 9 kecamatan tersebut selalu mengeluh kekurangan air bersih. Karena kebanyakan, sumur mereka mengering demikian halnya dengan air di sungai juga mengering.

Bagi petani yang ada di 9 kecamatan tersebut, musim kemarau menjadi petaka tersendiri. Selain ketersediaan air bersih langka, air untuk pengairan sawah pun juga sulit.

Banyak diantara petani terpaksa harus mengairi sawah mereka dengan menyewa diesel sebesar Rp 25 ribu per jam. Tentunya ini menambah ongkos produksi bagi petani.

Plt Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Kediri Edi Purwanto menyatakan pihaknya memahami kondisi geografis wilayah 9 kecamatan tersebut yang bergunung-gunung. Pihaknya akan melakukan pantauan lokasi dan berkoordinasi dengan intansi terkait untuk mencari solusinya.

“Puncak musim kemarau diperkirakan Juli-Agustus nanti. Kami rencanakan ada pasokan air untuk desa-desa yang terdampak musim kemarau ini. Sedangkan di Puncu kami memasang pipa air untuk memudahkan warga mendapatkan pasokan air lebih dari cukup setiap harinya,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *