BPBD Jelasakan Tentang Data Covid di Kabupaten Kediri

oleh
BPBD Jelasakan Tentang Data Covid di Kabupaten Kediri

Memokediri.com

Angka kematian Covid-19 di Kabupaten Kediri menuai sorotan. Pemicunya, publik mempertanyakan data kematian Covid-19 setelah dipublikasikan oleh akun Instagram @dinaskominfo_kedirikab pada tanggal 8-11 Juli yang tidak ada perubahan.

Berdasarkan data yang dipublikasikan, angka kematian Covid-19 di Kabupaten Kediri mulai 8-11 Juli berjumlah 546 orang. Padahal dalam rentang waktu tersebut ada sejumlah laporan kematian warga yang dimakamkan sesuai prosedur Covid-19.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kediri JOhan Harasponda mengatakan, tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri hanya melaporkan kasus kematian yang didasarkan pada kajian kematian memang disebabkan oleh Covid-19.

Menurut JOhan , pihaknya tidak melaporkan kasus kematian karena penyebab utamanya adalah komorbid (penyakit penyerta) yang sedang diderita, tetapi pada saat yang bersamaan ada keluarga atau kerabat dekatnya yang positif Covid-19.

JOhan mencontohkan, misalnya ada seseorang yang meninggal mendadak di kursi rumahnya namun belum di tes swab atau PCR, sementara salah satu keluarganya terkonfirmasi positif.

Karena dari pihak desa ada kekhawatiran apakah kematian mendadak tersebut disebabkan karena Covid atau tidak, warga kemudian kontak BPBD untuk melakukan pendampingan pemakaman sesuai prokes Covid-19 sebagai bentuk antisipasi.

JOhan menambahkan, dalam kasus tersebut walaupun prosedur pemakaman sesuai prosedur covid-19, laporan kematian tidak semua disebabkan karena covid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *