Bupati Situbondo salurkan insentif guru ngaji jelang Lebaran

by
Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menyalurkan insentif guru ngaji dan guru minggu tahun anggaran 2022, yang masing-masing penerima mendapatkan Rp1,5 juta, naik dari tahun-tahun sebelumnya Rp1,2 juta per orang.Pada tahun 2022, pemkab mengalokasikan anggaran sekitar Rp7,2 miliar untuk pemberian insentif guru ngaji dan guru minggu dengan total penerima sebanyak 4.805 orang.

“Kami menaikkan insentif guru ngaji sejak tahun 2021 merupakan salah satu janji politik kami (Karna Suswandi-Khoirani/Karunia),” kata Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya usai menyerahkan secara simbolis di Kantor Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Kamis.

Menurut Karna Suswandi, pendistribusian insentif guru ngaji dan guru minggu akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima sebesar Rp1,5 juta per tahun.

Katanya, pemberian insentif itu sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Situbondo kepada para guru ngaji dan guru minggu yang telah mendidik anak-anak.

“Tentunya insentif ini tak sebanding dengan pengabdian para guru ngaji. Insentif sebesar Rp1,5 juta per orang per tahun ini sebagai bentuk apresiasi atas jasa guru ngaji,” kata Bung Karna, sapaan bupati.

Bupati Karna Suswandi juga menyampaikan akan terus menaikkan insentif guru ngaji dan guru minggu, tapi menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo Siti Aisyah mengaku bahwa penerima insentif guru ngaji dan guru minggu jumlahnya bertambah sekitar 500 orang dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kalau tahun lalu sekitar 4.300 orang, saat ini mencapai 4.805 orang dengan total anggaran sekitar Rp7,2 miliar,” tuturnya.

Ia menambahkan selain insentif, ribuan guru ngaji dan guru minggu ini juga mendapat bingkisan Lebaran dari Bupati Karna Suswandi berupa sarung, mukenah dan selimut. Sarung bagi guru ngaji laki-laki, mukenah untuk guru ngaji perempuan, dan selimut untuk guru minggu.

See also  Wabah PMK di Tulungagung meluas hingga 16 kecamatan

Sebanyak 4.805 guru ngaji dan guru minggu yang mendapatkan insentif yang dibagikan secara bertahap, mulai hari ini.

“Pencairan hari pertama dimulai dari guru ngaji dan minggu di Kecamatan Arjasa, Kapongan, Panji, dan Situbondo,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.