Festival Jajanan ‘Explorasa Street Food Festival 2022’ Digelar Pemkot

by

Memokediri

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar Explorasa Street Food Festival 2022, yang merupakan festival jajanan yang diikuti pemilik UMKM dalam memeriahkan Hari Jadi Ke-1143 Kota Kediri.

Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar mengemukakan kegiatan ini sengaja digelar sebagai bentuk dukungan pemerintah kota untuk UMKM agar produk mereka semakin dikenal lebih luas.

“Ini salah satu pengenalan kami kepada teman PKL ini. Kegiatan ini juga didukung platform digital, jadi mau tidak mau saat ini harus pakai platform digital untuk meningkatkan omzetnya. Itu beberapa hal yang menjadi tujuan Pemkot Kediri,” katanya di Kediri, Sabtu.

Bunda Fey, sapaan akrabnya, menambahkan dalam kegiatan selain mengenalkan produk UMKM juga dilengkapi dengan edukasi hingga perlombaan. Dalam kegiatan ini, aneka jajanan nantinya juga dilombakan tentang higienis produk, kreativitas, kualitas rasa, dan kemasan.

Ia juga mengingatkan agar UMKM memperhatikan kemasan produk jualannya agar lebih menarik konsumen. Selain itu, juga perlu dipikirkan efek samping penggunaan kemasan agar ramah lingkungan sebab hingga kini masih banyak pedagang menggunakan kemasan styrofoam, padahal tidak ramah lingkungan. Styrofoam tidak dapat terurai sampai kapan pun.

Bunda Fey juga berharap para pemilik UMKM untuk tidak segan selalu belajar. Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri juga memfasilitasi beragam pelatihan bagi UMKM, dan diharapkan agar kesempatan itu dimanfaatkan. Pemilik UMKM bisa belajar terkait dengan sisi kebersihan produknya hingga keamanan pangannya.

Kegiatan ini digelar di halaman pusat perbelanjaan Kediri Town Square digelar pada 30-31 Juli 2022.

Sementara itu, dalam Lomba Kreasi Street Food yang digelar di Festival Explorasa 2022 ini melibatkan tiga juri, yaitu Ketua TP PKK Kota Kediri, Chef Agus Syafrudin dan Agung Kartiko dari Hotel Insumo Palace.

See also  Inspektorat Kota Kediri Gelar Bimtek Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi

Para pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Terdapat lima street food yang berhasil meraih juara, antara lain juara pertama UMKM “Rujak Pak OK”, juara dua produk “Pondok Sagu”, juara tiga adalah “Galei Njajan”. Untuk juara harapan pertama “Ngejamu Ang” dan harapan dua “Ayam Bakar Sitinggil”.

Dewan juri menilai UMKM “Rujak Pak OK” layak jadi juara karena kreasi dan inovasi dalam menu produk rujaknya. Di produk ini, beragam buah disajikan termasuk durian. Selain itu, bumbunya juga beragam ada gula merah dan kacang, sehingga konsumen bisa memilih.

Hadir pula dalam acara ini, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, dan sejumlah kepala OPD di Kota Kediri, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan, dan tamu undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.