Gedung BLK Kediri Disulap Jadi Pusat Isolasi Mandiri Pasien Covid

oleh
Gedung BLK Kediri Disulap Jadi Pusat Isolasi Mandiri Pasien Covid
Gedung BLK Kediri Disulap Jadi Pusat Isolasi Mandiri Pasien Covid

Memokediri.com

Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Kediri disulap menjadi pusat isolasi mandiri peaisen Covid 19. Persiapan sudah dilakukan, tinggal memindahgkan semua fasilitas dan sarana perawatan pasien Covid 19

Pemkot Kediri terus mempersiapkan langkah antisipasi penanganan Covid-19. Kini, Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Kediri tengah dipersiapkan menjadi ruangan isolasi mandiri terpusat.

Penggunaan gedung ini nantinya digunakan untuk pasien COVID-19 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang tidak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

Walikota Kediri Abdullah Abubakar mengatakan, ruangan BLK tersebut diperuntukkan pasien COVID-19 tanpa gejala yang rumahnya tidak layak untuk isolasi mandiri.

Indikatornya yaitu kurangnya ventilasi rumah, kamar tidak cukup, kamar mandi kurang layak dan tingkat kepadatan penduduk sekitarnya yang tinggi. Selain untuk memfasilitasi pasien OTG, persiapan ruang isolasi mandiri secara terpusat juga diharapkan dapat menekan bed occupancy ratio.

Langkah antisipatif ini dilakukan setelah Walikota mengamati adanya korelasi anatra tingginya kasus di lingkungan padat penduduk dengan penyebaran COVID-19 yang saat ini lebih cepat.

Sementara itu, Satpol PP Kota Kediri yang ditunjuk sebagai leading sektor, telah menyiapkan 6 ruangan BLK dengan kapasitas masing-masing 8 bed. Gedung BLK siap beroperasi mulai hari ini, Sabtu 3 Juli 2021.

Fasilitas yang tersedia antara lain bed disertai penyekat, kamar mandi, jaringan internet dan televisi. Selama isolasi, pasien juga akan mendapat treatment dari tenaga medis.

Kepala Satpol PP Kota Kediri EKO LUKMONO mengatakan, fasilitas tersebut disediakan agar pasien tetap nyaman dan betah selama masa isolasi.

Penggunaan gedung BLK menjadi ruang isolasi mandiri ini berdasarkan arahan Walikota Kediri untuk penambahan kapasitas tempat tidur dan mempercepat penanganan pasien COVID-19 pada rapat bersama Pimpinan Rumah Sakit dan Puskesmas secara virtual pada 28 Juni lalu.

Dalam pengelolaan ruang isolasi mandiri terpusat, Satpol PP Kota Kediri dibantu Dinas Kesehatan, Tim PPKM Mikro Kelurahan, serta Puskesmas.Isolasi mandiri terpusat diharapkan akan mempercepat penyembuhan pasien dan menekan penyebaran covid-19 di pemukiman padat penduduk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *