Harga BBM Naik, Produsen Tahu Kecilkan Ukuran Cetakan

oleh
Harga BBM Naik, Produsen Tahu Kecilkan Ukuran Cetakan

Jombang, Memo,-

Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) per 28 Maret 2015 lalu serta melemahnya nilai tukar rupiah akhir-akhir ini, semakin mengguncang ekonomi masyarakat kecil. Salah satu yang mulai merasakan dampaknya yakni beberapa produsen tahu di Jombang. Demi bertahan dari ancaman gulung tikar, produsen terpaksa mengurangi ukuran cetakan dagangan mereka agar tetap bisa bertahan di harga yang sama dan terbeli masyarakat.

“Semua tahu jika harga kebutuhan terkait produksi tahu naik. Ditambah sekarang harga BBM juga naik. Agar tetap bertahan, kami terpaksa mengecilkan ukuran cetakan tahu. Sebelumnya hanya satu harga Rp 750, kini kami sediakan juga cetakan untuk harga Rp 500 per biji tahu. Karena tidak mungkin kita menaikkan harga penjualan tahu,” kata Mulyadi, produsen tahu asal Dusun Bapang Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto, Rabu (1/4).

Mulyadi menambahkan, hal yang paling dikhawatirkan yakni naiknya harga bahan baku secara terus menerus tanpa diimbangi daya beli masyarakat. Dikhawatirkan kondisi ini berimbas pada kelangsungan usaha tahu. “Kalau kondisi terus seperti ini, tidak menutup kemungkinan produsen tahu akan gulung tikar. Tidak hanya pemilik usaha yang terancam, beberapa pekerja juga akan kehilangan mata pencahariannya,” imbuh Mulyadi.

Masih kata Mulyadi, jika produksi tahu gulung tikar dan menyebabkan pekerja berhenti bekerja, berapa keluarga yang terancam macet perputaran ekonominya karena kepala keluarga atau tulang punggug pencari ekonomi berhenti bekerja.

Maka dari itu para produsen tahu berharap pemerintah setempat segera mengambil langkah kongkret, seperti memberikan subsidi dan solusi nyata lainnya demi kelangsungan industri kerakyatan yang semakin terpuruk tersebut. Karena diakui atau tidak keberlangsungan produksi tahu juga bisa menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *