Kelurahan Ngronggo gandeng Satpol PP gelar pembinaan keamanan

by

Memokediri

Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri, Jawa Timur, menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri menggelar pembinaan untuk Satlinmas Kelurahan Ngronggo sehingga tercipta keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Lurah Ngronggo Heru Sugiarto mengatakan peran Satlinmas Kelurahan Ngronggo selama ini memang sangat vital dalam menjaga ketentraman dan keamanan masyarakat di wilayahnya. Terlebih saat terjadinya pandemi COVID-19, para Satlinmas selalu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Satlinmas Kelurahan Ngronggo memang dibentuk untuk mengabdi masyarakat, jadi sangat perlu adanya pembinaan ini. Semua yang mencakup kegiatan sosial kemasyarakatan di Kelurahan Ngronggo bisa dipastikan mereka selalu hadir untuk membantu masyarakat,” kata Heru Sugiarto di Kediri, Sabtu.

Heru mengatakan dalam kegiatan ini diikuti 54 orang Satlinmas dari perwakilan setiap RW. Selama ini Satlinmas Kelurahan Ngronggo secara swadaya melakukan kegiatan pengamanan, seperti setiap Sabtu malam membantu mengamankan jalan raya dari kegiatan balap liar serta melakukan jaga mulai hari Senin-Sabtu, baik pagi hari maupun malam hari secara bergantian. Mereka secara mandiri mengatur jadwal piket jaga.

“Jadi, saya harap dari pembinaan ini, ke depan Satlinmas Kelurahan Ngronggo dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban lingkungan masyarakat. Semoga ini selalu bermanfaat untuk masyarakat,” kata Heru Sugiarto.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Kediri Eko Lukmono mengatakan ke depan ia menginginkan para anak muda juga ikut berpartisipasi menjadi Satlinmas.

Saat ini, keberadaan Satlinmas masih di pandang sebelah mata di masyarakat. Hal tersebut yang menjadikan para anak muda cenderung tidak tertarik menjadi anggota satuan itu di kelurahan.

“Ke depan saya ingin para Satlinmas ini dapat diisi oleh anak-anak muda. Tidak perlu malu menjadi bagian Satlinmas. Di Kota Kediri sudah memiliki regulasi yaitu Perwali Nomor 17 Tahun 2021. Jadi tidak sembarang orang dapat masuk menjadi anggota Satlinmas di Kota Kediri,” kata Eko Lukmono.

See also  Bupati Situbondo salurkan insentif guru ngaji jelang Lebaran

Eko juga menambahkan nantinya di Kelurahan Ngronggo juga akan dijadikan sebagai pilot project dalam pembentukan relawan pemadam kebakaran. Ke depan akan dibentuk relawan-relawan pemadam kebakaran di setiap kelurahan untuk membantu Pemkot Kediri ketika terjadi kebakaran atau kegiatan penyelamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.