Komunitas BMX Hingga Karawitan Semarakkan CFD

oleh
Komunitas BMX Hingga Karawitan Semarakkan CFD

Kediri, memo
Program car free day (CFD) di Kota Kediri dimulai. Minggu (21/12) sekitar pukul 06.00 WIB, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar resmi membuka kegiatan car free day di sepanjang Jl Doho. Rencananya, program car free day ini akan terus digelar setiap hari Minggu di sepanjang Jl Doho mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

Selama CFD berlangsung kendaraan bermesin dilarang melintas di sepanjang Jl Doho. Sebagai gantinya berkumpul beragam komunitas. Misalnya olahraga sepak takraw, angkat besi, bmx, dan masih banyak lagi.

Sepanjang Jl Doho juga akan dijaga oleh petugas keamanan. Diantaranya dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan polisi. Kendaraan bermotor yang akan masuk ke kawasan Jl Doho akan diminta untuk diparkir sebelum memasuki salah satu pusat kegiatan ekonomi di Kota Kediri itu. Hanya kendaraan tanpa mesin saja yang diperbolehkan masuk. Tujuannya untuk mengurangi tingkat polusi udara di Kota Kediri.

Komunitas apapun di Kota Kediri bebas untuk beraktivitas di sepanjang Jl Doho. Bahkan ada komunitas seni karawitan yang juga menggelar kegiatannya tepat di pertigaan masuk Stasiun Kediri lengkap dengan soundsystem dan peralatan lainnya.

Walikota Abdullah Abu Bakar dalam sambutan membuka acara tersebut juga menghimbau agar tarif parkir tidak terlalu mahal sehingga masyarakat tidak terlalu terbebani. “Kalau bisa nanti parkirnya jangan terlalu mahal karena acara ini juga untuk masyarakat,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Kediri, Fery Jatmiko menambahkan gelar car free day kali ini akan dievaluasi. “Untuk para pemilik toko sudah kami berikan surat pemberitahuan. sejauh ini tidak ada kendala,” ujarnya.
Selain itu, menurut fery, program car free day juga bertujuan untuk memberikan ruang rekreasi bagi masyarakat sekaligus ruang untuk berkreasi. “Ini untuk memberikan ruang rekreasi bagi masyarakat untuk berkreasi seni dan olahraga,” imbuhnya.

Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan momen car free day ini untuk melakukan kegiatan yang sehat. misalnya berolahraga dan lain sebagainya. dengan harapan kota kediri bisa lebih baik lagi denga berkurangnya tingkat polusi akibat asap kendaraan bermotor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *