Pantai Modangan Disiapkan Jadi Venue Paralayang Kelas Dunia

by

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong terus berkembangnya sport-tourism di wilayah setempat. Menurutnya, salah satu potensi luar biasa yang dimiliki Jatim adalah paralayang Pantai Modangan yang terletak di Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Khofifah menjelaskan, pantai memiliki jarak 65 kilometer dari Kota Malang itu memiliki keunggulan sebagai venue olahraga paralayang dengan pemandangan yang eksotis. Bahkan, kata dia, kawasan Pantai Modangan rutin dijadikan venue gelaran bergengsi kejuaraan paralayang baik untuk skala regional maupun nasional.

Tempat tersebut, lanjut Khofifah, juga sering digunakan sebagai venue latihan atlet nasional paralayang. Kondisi angin yang stabil dari bukit-bukit, ditambah pemandangan laut lepas yang biru dan menawan membuat Pantai Modangan menjadi tempat yang ideal untuk aktivitas paralayang.

“Jadi memang di kawasan Pantai Modangan itu banyak bukit-bukit, lokasinya indah sekali. Mereka yang bermain paralayang disuguhi pemandangan eksotis laut lepas yang menawan dari ketinggian,” kata Khofifah, Ahad (10/4/2022).

Khofifah pun bertekad Pantai Modangan bisa dikembangkan menjadi venue olahraga paralayang skala internasional. Pemprov Jatim bersama Pemkab Malang diakuinya siap meningkatkan kelengkapan amenitas dan infrastruktur pendukung agar memenuhi standar internasional demi tercapainya target Pantai Modangan menjadi venue paralayang berskala dunia.

“Jadi kalau Indonesia sudah punya sirkuit Mandalika sebagai venue balapan tingkat dunia, maka kami ingin Pantai Modangan ini jadi venue paralayang skala internasional,” ujar Khofifah.

Khofifah melanjutkan, dari segi kondisi eksisting dan juga kesiapan infrastruktur akses ke Pantai Modangan, diakuinya jalan raya Donomulyo-Pagak-Malang sudah lebar. Artinya, kata dia, hanya perlu sedikit perbaikan disesuaikan dengan kelas jalan yang ke depannya diarahkan untuk menjadi jalan nasional.

Kemudian untuk jalan menuju ke lokasi Paralayang Pantai Modangan dari jalan raya memang masih kurang lebar untuk bisa dilalui mobil berpapasan dan sekitar 100 meter masih berupa jalan tanah. Selain itu, jalan dari lokasi Paralayang menuju ke Pantai Modangan hanya bisa dilalui sepeda, sepeda motor, maupun jalan kaki.

See also  Pembukaan Objek Wisata di Kediri menunggu rekomendasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

“Tapi yang jadi kekuatan besar kita, di kawasan Malang Selatan sudah ada Jalur Lingkar Selatan, yang kita harapkan akan menjadi penopang akses strategis menuju lokasi paralayang Pantai Modangan,” ujar Khofifah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.