Pemkab Kediri beri pelatihan penguatan SDM BUMDes

by

Memokediri

Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, berencana memberikan pelatihan penguatan sumber daya manusia (SDM) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) supaya mereka bisa bekerja optimal dan mampu memberikan pendapatan bagi desa.

“Untuk SDM-nya kami buatkan pelatihan bagaimana pengelolaan BUMDes yang baik dan benar, bagaimana untuk meningkatkan pendapatan desa,” kata Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Kediri, Selasa.

Rencana pelatihan bagi SDM BUMDes itu akan melibatkan pengelola BUMDes se-Kabupaten Kediri.

“Nanti kita kumpulkan di satu tempat supaya teman-teman (SDM) BUMDes di tiap desa ini punya kemampuan untuk meningkatkan pendapatannya,” kata dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri Agus Cahyono mengatakan pihaknya telah menyiapkan rencana pelatihan sebagaimana instruksi Bupati tersebut. Pelatihan, akan dilakukan pada September 2022 meliputi bimbingan teknis (Bimtek) terkait penguatan keuangan BUMDes.

Peserta yang diundang adalah perwakilan pengelola BUMDes dari 343 desa. Setiap BUMDes diambil dua orang, kemudian pelatihan dilanjutkan terkait pengelolaan unit usaha.

Peserta pelatihan dibagi sesuai bidang usaha yang digeluti BUMDes. “Paket-paket ini berdasarkan kluster unit usaha,” katanya.

Source link

See also  Bupati Blitar Resmikan Gerai UMKM KUD Citra Ponggok

Leave a Reply

Your email address will not be published.