Pemkot Madiun bagikan 5.000 bendera Merah Putih kepada warga

by

Memokediri

Pemerintah Kota Jawa Timur membagikan sebanyak 5.000 helai bendera Merah Putih secara gratis kepada warga setempat yang tersebar di tiga kecamatan, sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus.Seremoni pembagian bendera gratis itu dimulai dari halaman Balai Kota Madiun Jalan Pahlawan yang dipimpin Wali Kota Madiun Maidi, Jumat.

Setelah dari Balai Kota Madiun, Wali Kota Maidi berjalan ke kampung menuju Kelurahan Pangongangan membagikan bendera Merah Putih siap pasang ke rumah-rumah secara langsung yang disambut antusias warga setempat.

“Hari ini serentak kita bagikan 5 ribu bendera Merah Putih ke warga. Sasarannya adalah warga yang belum memasang bendera di depan rumahnya ataupun warga yang benderanya sudah lusuh warnanya untuk diganti yang baru,” katanya di sela pembagian bendera di Kelurahan Pangongangan.

Selain membantu warga, pembagian bendera Merah Putih tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan NKRI. Warga Kota Madiun diingatkan kembali akan semangat nasionalisme untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

“Utamanya para generasi muda dan anak-anak sekolah. Di momentum ini mereka kita ajak untuk mengenal dan mengenang jasa para pahlawan dalam berjuang melawan penjajah merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI,” kata dia.

Orang nomor satu di Pemkot Madiun tersebut mengimbau seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh secara serentak mulai 1 Agustus 2022 hingga 31 Agustus 2022.

Imbauan itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI Nomor: B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 Tanggal 12 Juli 2022.

Pihaknya berharap dengan mengibarkan bendera Merah Putih selama sebulan penuh pada Agustus ini mampu menambah semangat nasionalisme masyarakat.

See also  Delapan jabatan kepala OPD di Pemkab Trenggalek masih kosong

Selain memasang bendera Merah Putih, pihaknya juga mengajak masyarakat menyemarakkan dan memeriahkan HUT Ke-77 RI dengan memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho dengan nuansa Kemerdekaan atau Kepahlawanan di lingkungan masing-masing.

“Kita memiliki kewajiban untuk meneruskan perjuangan para pahlawan kita, serta mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal bermanfaat,” demikian Maidi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.