Pencairan TPP Ngambang, Para Guru Gigit Jari

oleh
Pencairan TPP Ngambang, Para Guru Gigit Jari

Blitar, Memo

Para guru penerima Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) di lingkup Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar masih harus gigit jari dan perlu bersabar. Pasalnya, hingga kini kebijakan dari pusat terkait kapan pencairan dana tersebut masih ngambang.

Untuk soal anggaran yang menjadi tunggakan pusat tersebut mencapai miliaran rupiah. Sebab anggaran tersebut hampir sama kondisinya dengan yang terjadi di Pemkab Blitar yakni tertunda sejak 2010, kemudian berlanjut pada 2011 dan 2012.

Humas Kemenag Kabupaten Blitar Jamil Mashadi mengatakan, sebenarnya beberapa waktu lalu Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) baru saja selesai verifikasi data-data. Utamanya siapa saja yang masih belum menerima dan untuk kekurangannya. “Sebenarnya sudah diverifikasi BPKP, itu terkait dengan jumlah kekurangan dan siapa saja penerima, serta berbagai kelegkapan lainnya,” jelasnya.

Pasca verifikasi, lanjut dia, dari hasil koordinasi yang dilakukan oleh pihak Kemenag Kabupaten Blitar, memang dijanjikan seluruh tunggakan ini akan diselesaikan. Yakni sebelum terjadinya proses pergantian Presiden. Dan hal itu, tentunya akan dilakukan paling akhir hingga pelantikan Presiden baru.

“Dari informasi yang dijanjikan oleh pusat, akan dilunasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mudah-mudahan saja memang terealisasi, biar tidak ada yang nggrundel,” ujarnya.

Dihadapkannya, para guru terutama yang penerima TPP tunggakan diharap untuk bisa bersabar. Sebab pihak Kemenag sendiri terus berupaya berkomunikasi untuk menyelesaikan persoalan ini. Pihak Kemenag, juga berharap agar persoalan ini bisa selesai secepatnya.

“Ya, hanya bisa mengharapkan agar para guru ini bersabar. Apalagi ini memang tanggungjawab pusat, Kemenag hanya menjadi fasilitator,” akunya.(pra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *