Ratusan Bed Kosong, Covid di Kota Angin Alami Penurunan

oleh
Ratusan Bed Kosong, Covid di Kota Angin Alami Penurunan

Memokediri.com

 Bed occupancy rate (BOR) atau keterpakaian tempat tidur (TT) pasien Covid-19 di Kota Angin terus mengalami penurunan. Setelah sepuluh hari lalu berada pada angka 48, 5 persen, kini BOR berada pada angka 34,2 persen.

“Alhamdulillah minggu ini sudah berada di kisaran 30 persen,” ujar Hari Purwanto, tim Satgas Covid-19 Kabupaten Nganjuk

Pemkab Nganjuk telah menyediakan 715 tempat tidur (TT) untuk pasien Covid-19 di Kota Angin. Baik yang berada di RS rujukan maupun tempat isolasi terpusat (isoter). Dari jumlah total tersebut, jumlah TT yang terpakai hanya ada 245 bed saja.

Sementara itu, sisanya sebanyak 470 TT yang lainnya tercatat kosong alias tidak terpakai oleh pasien Covid-19. Tren ini diakui Hari cukup menggembirakan. Meskipun belum berarti korona telah dapat diputus mata rantainya. Namun, tren baik ini perlu diapresiasi.

“Penurunan BOR ini patut dijadikan pelecut semangat bagi kita semua. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir,” tuturnya.

Untuk BOR tertinggi masih berada di RSUD Nganjuk. Dari 219 bed yang disediakan di sana, sebanyak 105 tempat tidur tercatat telah terpakai kemarin. Namun perlu diketahui, jumlah ini pun telah mengalami penurunan. Sepuluh hari yang lalu, jumlah TT yang terpakai di sana mencapai 155 buah.

Dengan kata lain, BOR di RS yang berletak di jalan Dr Soetomo tersebut kini berada pada angka 48,4 persen. Setelah sebelumnya sempat mencapai angka 70 persen. “Ada 115 tempat tidur yang tidak terpakai sekarang di RSUD Nganjuk,” ujar pria berkacamata ini.

Tren baik ini dikatakan Hari juga terjadi di RS rujukan lainnya. Dari empat RS rujukan Covid-19 di Kota Angin, angka BOR relatif stabil. Yakni berada pada rentang 37 persen hingga 50 persen.

Namun begitu, Hari tetap meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Pasalnya, kasus harian tetap tercatat ada penambahan terus. Setiap hari masih ada puluhan orang positif korona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.