Stok Darah di PMI Kediri Minim, Jumlah Pendonor Menurun Drastis

oleh
Stok Darah di PMI Kediri Minim, Jumlah Pendonor Menurun Drastis

Memokediri.com –  Stok Darah di PMI Kediri Minim, Jumlah Pendonor Menurun Drastis. Golongan darah O di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Pare tersisa belasan kantong. Ini karena minimnya pendonor selama pandemi Covid-19.

Informasi  menyebut, per Rabu (21/7) stok untuk golongan darah A sebanyak 82 kantong, B 36 kantong, O ada 16 kantong, dan AB 45 kantong. “O paling sedikit,” ujar Kepala UTD PMI Pare dr Arin Istiyani kemarin (21/7).

Selama Pandemi, Pendonor Menurun

Terkait minimnya stok darah ini, Arin mengungkapkan, karena pandemi Covid-19 menyebabkan jumlah pendonor menurun.

Selain itu, lima mobil operasional untuk jemput bola donor darah pun banyak yang dibatalkan sehingga tidak beroperasi. “Itu untuk menjaga masyarakat agar tidak ada interaksi dan kerumunan,” ungkapnya.

Berimbas Pada Ketersediaan Darah

Padahal jadwal donor dengan mobil UTD tersebut sebelumnya telah tertata. Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak terjadi lonjakan Covid-19 sekitar dua minggu terakhir. “Imbasnya persediaan darah yang biasanya 200 hingga 250 kantong hanya 181 kantong,” paparnya.

Meski demikian, Arin mengungkap, kondisi saat ini masih mencukupi untuk kebutuhan darah di Kabupaten Kediri. Pasalnya, masih ada masyarakat yang sukarela datang ke kantor PMI untuk donor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *