Tanaman Padi di Kelurahan Ngampel dan Gayam Diserang Wereng Coklat

oleh
Tanaman Padi di Kelurahan Ngampel dan Gayam Diserang Wereng Coklat
Padi di Kelurahan Ngampel dan Gayam Diserang Wereng Coklat

Memokediri.com

Tanaman padi di kelurahan Ngampel dan Gayam, Kota Kediri, diserang hama wereng batag coklat. Selain wereng, hama tikus juga banyak menyerang tanaman padi di dua kelurahan di Kecamatan Mojoroto tersebut.

Hal itu diketahui dari hasil monitoring yang dilakukan oleh DKPP Kota Kediri. Di kelurahan Ngampel dan kelurahan Gayam Kecamatan Mojoroto, tanaman padi petani diserang hama wereng batang coklat.

Menyikapi hal tersebut, DKPP bersama kelompok tani kelurahan Ngampel dan kelompok tani kelurahan Gayam melakukan aksi gerakan pengendalian (GERDAL) menggunakan agen hayati dengan memanfaatkan peran dari musuh alami hama tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Muhamad Ridwan mengatakan, meski temuan hama wereng tidak banyak, para petani tetap harus waspada.

Hama wereng batang coklat diketahui dapat menyerang semua tahap pertumbuhan tanaman mulai dari persemaian hingga waktu panen.

Saat ini, pihaknya bersama para petani akan menggunakan pestisida dengan agen hayati yang memanfaatkan mikro organisme untuk mengendalikan populasi wereng batang coklat.

Jenis agen hayati yang digunakan yaitu organisme jamur jenis Beauveria dan Metarhizium. Pestisida alami jauh lebih aman digunakan dibandingkan pestisida kimia karena dapat menjaga kelestarian lingkungan.

Bila menggunakan pestisida kimia, musuh alami dari hama wereng juga ikut mati sehingga dapat mengganggu susunan rantai makanan di alam.

Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri saat ini sedang melakukan upaya pemberantasan hama wereng dan tikus yang sempat merusak tanaman pertanian milik masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *